Latest News

Cara Membuat Adonan Pizza Yang Empuk Dan Enak

Cara Membuat Adonan Pizza Yang Empuk Dan Enak - membuat adonan pizza sederhana sangat praktis dan bisa anda praktekkan sendiri dirumah dan tidak sulit. Dan lebih hebatnya lagi nanti adonan pizza sederhana ini tak kan kalah dengan adonan pizza hut. Untuk mengembangkan adonan kita memerlukan 2 bungkus ragi instan yang bisa anda beli di toko terdekat anda. Loyang yang kita gunakan untuk membuat pizza adalah dua buah loyang berukuran 30,5 cm atau sekitar 12 inchi.

Memang sih sekarang kalau ingin pizza, kita tinggal angkat gagang telpon dan langsung deh pesan pizza semau kita. Nah mungkin anda yagn penasaran bagaimana cara membuat pizza yang kita pesan, sangat tepat karena kali ini kami akan memberikan resep nya.

Cara Membuat Adonan Pizza Yang Empuk Dan Enak
Cara Membuat Adonan Pizza Yang Empuk Dan Enak

Yuk kita mulai dari bahan bahan apa saja yang akan kita butuhkan.

Bahan membuat adonan pizza :
  • 300 ml air hangat
  • minyak zaitun secukupnya
  • 1 sendok teh garam
  • 2 bungkus ragi instan
  • 500 gram tepung terigu yang sudah diayak
Apa yang kita lakukan untuk membuat adonan pizza sederhana :
  1. Pertama kita taruh air dalam sebuah mangkok. Kemudian kita taburkan ragi instan dalam air dan aduk aduk rata.
  2. Lanjutkan dengan memasukkan garam dan 250 gram tepung terigu aduk aduk hingga rata.
  3. Kemudian masukkan lagi sisa tepung terigu sebanyak 250 gram tepung terigu, aduk aduk sampai kaku dengan menggunakan sendok.
  4. Lalu kita ambil adonan dan taruh dalam alas meja bersih yang telah ditaburi dengan tepung dan uleni adonan pizza hingga elastis dan licin.
  5. Setelah adonan pizza elastis segera taruh dalam sebuah mangkok yang telah diolesi dengan sedikit minyak zaitun. Kemudian balik adonan sehingga minyak berada diatas.
  6. Setelah itu kita tutup rapat mangkuk dengan plastik wrap dan simpan dalam suhu ruang yang hangat. Diamkan selama kurang lebih 45 menit hingga adonan pizza menjadi mengembang.
  7. Kita siapkan oven terlebih dahulu. Panaskan dengan suhu 250 derajat celcius.
  8. Kita keluarkan adonan dan pukul pukul adonan dengan kepalan tangan kita agar gelembung gelembung udara dapat keluar dalam adonan.
  9. Bagi lagi adonan menjadi dua dan diamkan selama beberapa menit kurang lebih 15 menit.
  10. Kemudian kita giling adonan pizza dengan diameter sekitar 30,5 cm sesuai dengan ukuran dari loyang pizza. Anda bisa menggunakan rolling pin yang bisa dibeli di toko pecah belah ataupun di supermarket besar.
  11. Tempatkan adonan pizza yang telah digiling dalam loyang pizza yang juga telah diolesi dengan minyak zaitun.
  12. Tambahkan saus pizza diatas adonan pizza dan and tambahkan topping seperti keju, atau jamur.
  13. Kemudian panggang pizza dalam oven selama kurang lebih 20 menit sampai terlihat kecokelatan dan keju telah meleleh.
  14. Nah angkat pizza dan siap dihidangkan.
Tips pizza :
  • Jika ada adonan yang tidak langsung kita panggang, bisa kita simpan caranya yaitu bentuk adonan bulat kemudian bungkus dengan plastik wrap dan bungkus lagi dengan aluminium foil. Dan bekukan di dalam freezer.
  • Jika ingin menggunakan adonan pizza lagi, keluarkan dari freezer dan letakkan di dalam kulkas (bukan bagian freezer). Kemudian diamkan lagi dalam suhu ruang selama kurang lebih 2 jam lalu siap di olah dan dipanggang.
Demikian cara membuat adonan pizza yang empuk dan enak tak kalah dengan adonan pizza hut. Selamat mencoba.