Latest News

Cara Mudah Mengupas Bawang Tanpa Menangis

Bawang merah adalah jenis bumbu dapur yang hampir setiap hari di gunakan di dalam dapur, warnanya merah merona dengan rasa yang gurih saat di masak, namun yang membuat para ibu kesal adalah ketika mengupas bawang, biasanya getah dari bawang ini akan menimbulkan perih di mata, sehingga sangat tidak nayaman saat mengupas bawang bila di lakukan sambil bercucuran air mata.


Bawang merah sendiri memang sangat banyak getahnya, terlebih bawang merah yang masih segar, biasanya akan sangat perih di mata saat di kupas, namun ternyata ada cara mudah yang dapat kita lakukan agar kita terhindar dari cucuran air mata saat mengupas kulit bawang, berikut ulasan lengkapnya yang bisa langsung anda praktekkan di rumah besok pagi bila hendak memasak.

1. Dekatkan Dengan Kipas Angin.
Bila anda memiliki kipas angin, ada baiknya anda menaruh salah satu di dapur anda, karena kipasan angin dari kipas angin, akan menghempaskan partikel penyebab mata perih pada bawang merah, jadi saat mengupas bawang, ada baiknya mengupas di depan kipas angin atau di bawah kipas angin, atau bisa juga memilih tempat yang banyak hembusan anginnya.

2. Letakkan Garam Di Samping Anda.
Cara yang mudah lainnya adalah dengan cara meletakkan garam pada piring kecil saat anda sedang mengupas bawang, letakkan di samping bawang merah atau anda berdiri, garam ternyata dapat menetralkan uap bawang yang merupakan penyebab mata perih.

3. Kunyah Permen Karet.
Permen karet selain rasanya yang manis, ternyata berfungsi juga untuk menghilangkan rasa perih di mata, yaitu dengan mengunyah permen karet, otot wajah dan mata akan bergerak dengan baik, sehingga saat otot wajah bergerak, hal ini akan mencegah rasa pedih di mata anda.  Mengunyah permen karet juga akan membuat anda lebih cepat menghirup uap bawang. sebelum ia sampai ke mata anda, dan andapun terbebas dari perih di mata.

4. Mendinginkan Bawang Merah.
Taruh bawang merah anda pada lemari es, atau anda juga dapat menaruh bawang yang akan anda masak pada air es, sehingga saat akan di kupas, bawang merah akan bebas dari uap yang menyebabkan mata anda perih, sehingga mengupas bawang akan lebih mudah.

Jadi tak ada salahnya jika anda sudah mulai mempraktekkannya, karena cara di atas sangat mudah dan bisa anda mulai mengupas bawang tanpa perih lagi, sehingga memasak jadi lebih menyenangkan.