Latest News

Cara Mudah Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal adalah masa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan dapat menyebabkan nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih ataupun infeksi. Batu ini dapat terbentuk di dalam ginjal atau batu ginjal dapat juga terbentuk di dalam batu kemih ataupun di sebut sebagai batu kandung kemih


Batu ginjal sendiri banyak di alami oleh orang dewasa yang menginjak pada usia 50 tahun ke atas, atau adanya pnyempitan pada saluran kemih. Batu ginjal yang besar biasanya dapat berukuran hingga 10 cm, jadi bagi anda yang sudah berumur 40 tahun ke atas ada baiknya melakukan USG untuk memastikan tidak ada batu giinjal yang membesar, lakukan pemeriksaan ini secara dini agar lebih aman.

Bila anda tidak ingin penyakit batu ginjal datang pada anda, ada cara yang mudah yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal ini, kami akan mebahasnya untuk anda, agar anda dapat selalu hidup sehat dan terhindar dari segala penyakit.


  1. Banyak Minum Air Putih. Banyak minum air putih adalah cara yang paling mudah dalam mencegah penyakit batu ginjal, bila kita sering minum air putih, maka kita akan sering kencing, sehingga kotoran dalam tubuh akan ikut keluar dari air kencing kita, terutama bagi kita yang serinng berolahraga, air putih sangat penting untuk tubuh anda.
  2. Jangan Terlalu Sering Berkeringat. Keringat yang di akibatkan dari olahraga atau bersauna mungkin baik, namun berkeringat akan membuat tubuh anda kekurangan cairan, ataupun banyak kencing juga dapat membuat anda terkena batu ginjal. Usahakan anda kencing karena banyak minum air putih bukan dari banyak berkeringat.
  3. Kurangi Makanan Yang Banyak Garam Dan Protein Hewani. Jangan terlalu sering mengkonsumi makanan yang terlalu asin, karena bila anda terllau suka dengan makanan asin, maka anda akan mulai terkena batu ginjal, juga hindari makan terlalu banyak protein hewani.
  4. Hindari atau Kurangi Makanan Yang Mengandung Oksalat. Bila anda ingin terhindar secara dini dari pneyakit batu ginjal, tak ada salahnya mengurangi atau bahkan menghindari makanan yang kaya akan oksalat, makanan yang kaya akan oksalat di ataranya adalah teh, coklat, produk kedelai, lobak, bayam, buah bit dan ubi jalar.
Demikian cara mudah mengegah penyakit batu ginjal, mudah mudahan artikel yang kami berikan berguna bagi anda dan keluarga.